5 Rekomendasi Aplikasi Al-Quran Terbaik Offline Gratis

0
533
APLIKASI AL-QURAN TERBAIK OFFLINE

Aplikasi Al-Quran terbaik offline adalah solusi bagi Anda yang tetap ingin produktif untuk menambah amalan kebaikan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Seperti yang diketahui bersama, Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW selama kurun waktu 22 tahun, 2 bulan, 22 hari.

Bagi umat Islam, setiap kali membaca kitab suci Al-Qur’an akan dijanjikan oleh Allah dengan diberikan pahala (kebaikan).

Maka dari itu, sebagai umat Islam yang taat, jangan sampai Anda menyia-nyiakan peluang untuk mendapatkan kebaikan dari Allah dengan rutin membaca Al-Qur’an.

Namun, karena alasan tertentu, terkadang orang-orang lupa untuk membawa mushaf Al-Qur’an di mana pun mereka berada.

Untuk mengatasi hal tersebut, sekarang sudah banyak tersedia aplikasi Al-Qur’an yang bisa Anda pasang di perangkat smartphone Anda.

Ramadan.id telah merangkum lima aplikasi Al-Qur’an offline terbaik yang bisa Anda pilih untuk smartphone Anda.

5 Rekomendasi Aplikasi Al-Qur’an Terbaik

Aplikasi Al-Qur’an memang tersedia secara gratis untuk berbagai jenis smartphone, tetapi sebaiknya berhati-hati ketika ingin menginstalnya pada perangkat Anda.

Karena salah satu aplikasi Islami pernah terindikasi melakukan pelanggaran privasi dengan menjual data pengguna kepada pihak lain.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena kami akan memberikan rekomendasi aplikasi Al-Qur’an terbaik berikut ini.

1. Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Aplikasi Al-Quran yang pertama ini memiliki cukup banyak fitur yang sangat menarik, yang di antaranya adalah kode tajwid yang berwarna, sehingga Anda dapat lebih memahami macam-macam tajwid.

Sesuai namanya, Al Quran (Tafsir & Per Kata) ini juga dilengkapi fitur terjemahan per kata, indeks Al-Qur’an, catatan pada setiap ayat, beberapa Tafsir seperti Ibnu Katsir, KEMENAG RI, dan Jalalayn (bahasa Indonesia).

Apabila Anda ingin memutar audio Qur’an untuk mempermudah dalam membaca,

aplikasi ini juga mendukung audio per ayat menggunakan rekaman Qari seperti Mishary Al-Afasy, Abdurrahman As Sudais, dan masih banyak lagi.

2. Quran for Android

QURAN FOR ANDROID

Selanjutnya, ada aplikasi Al-Qur’an besutan quran.com dengan membawa fitur yang juga tak kalah menarik.

Quran for Android membawa fitur seperti bookmark ayat, mode malam, hingga pengulangan audio secara custom.

Selain itu, Qur’an digital ini mendukung lebih dari dua puluh bahasa, sehingga dapat digunakan dengan lebih mudah oleh umat Islam di beberapa negara yang termasuk dalam daftar dukungan bahasa.

Untuk fitur audio atau murottal, aplikasi ini juga menyediakan kurang lebih 15 audio dari Qari yang berbeda-beda, serta mampu diputar per ayat untuk mempermudah Anda saat membacanya.

3. Qur’an Kemenag

QUR'AN KEMENAG

KEMENAG mengembangkan aplikasi digital dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan umat Islam yang membutuhkan aplikasi Al-Quran terbaik offline.

Qur’an Kemenag didesain menggunakan standar Indonesia Rasm Usmani, serta mendukung beberapa sistem yaitu iOS, Android, hingga Web.

Fitur standar yang ada pada aplikasi ini adalah dilengkapi dengan terjemahan, tafsir dan suara murottal dari Qari bernama Syekh Mahmud Khalil Al-Husairy.

Meski tidak memiliki banyak fitur, rupanya aplikasi ini lebih fokus pada tampilan yang simple dengan navigasi yang mudah.

4. Ayat – Al Quran

AYAT-AL QURAN

Aplikasi Al-Quran terbaik offline selanjutnya bernama Ayat Al-Quran yang dikembangkan oleh KSU (King Saud University), Saudi Arabia.

Tampilan dari aplikasi ini sangatlah menarik karena benar-benar mirip mushaf Al-Quran (fisik) karena memang menampilkan salinan mushaf aslinya.

Selain itu, Ayat – Al Quran ini juga mendukung dua perangkat, yaitu mobile dan desktop.

Dari segi fitur, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan beberapa rekomendasi yang sebelumnya, yaitu terjemahan, tafsir Ibnu Katsir, serta beberapa tambahan yaitu dapat memilih jenis mushaf.

Untuk dukungan murottal, aplikasi ini memiliki sepuluh Qari yang berbeda-beda dan bisa Anda pilih sesuai keinginan.

5. Al Quran Indonesia

AL-QUR'AN INDONESIA

Rekomendasi aplikasi Al-Quran Terbaik offline yang terakhir adalah Al Quran Indonesia, dikembangkan oleh Andi Unpam.

Di dalam aplikasi ini, terdapat banyak sekali fitur yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi Al-Quran terbaik offline lainnya.

Fitur-fitur keren tersebut adalah jadwal salat, arah kiblat, widget home screen, alarm azan, hingga kalender Hijriah.

Selebihnya, fitur yang ada memang rata-rata sama seperti aplikasi Al-Qur’an yang lain seperti rasm/penulisan IndoPak dan Utsmani.

Penutup

Demikianlah 5 rekomendasi aplikasi Al-Quran terbaik offline gratis yang bisa Anda install.

Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda tidak tertipu oleh aplikasi Al-Qur’an yang ternyata mencuri data-data pengguna dan menjualnya.

Mari memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya, jangan sampai terjerumus ke dalam hal yang negatif.

Mengingat teknologi khususnya smartphone dapat digunakan untuk apa saja, tetapi bukan berarti hal-hal negatif bisa dibenarkan.

Setidaknya, dengan memasang aplikasi Al-Quran terbaik offline ini, Anda bisa senantiasa mengingat Allah di segala keadaan.

Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya, ya. Tetap kunjungi blog Ramadan.id untuk mendapatkan artikel seputar Islam lainnya.