5 Rekomendasi Aplikasi Pengingat Salat Offline Terbaik Gratis

0
259
APLIKASI PENGINGAT SALAT OFFLINE

Aplikasi pengingat salat offline dapat dijadikan sebagai pengingat salat ketika lupa atau sedang berada di sebuah tempat yang jauh dari masjid.

Sebagai umat Islam, pasti Anda sudah tahu bahwa salat lima waktu adalah ibadah yang wajib dilakukan, di samping salat lain yang sunnah.

Orang-orang yang terkadang lupa untuk melaksanakan salat wajib karena sedang berada pada kondisi tertentu.

Namun, lupa adalah sifat wajar yang dimiliki oleh setiap manusia, tak terkecuali umat Islam yang berkewajiban untuk melaksanakan salat.

Maka dari itu, untuk mengatasi terlupa melaksanakan salat wajib, sekarang sudah tersedia berbagai aplikasi pengingat salat offline yang bisa dipasang di smartphone Anda.

Aplikasi Pengingat Salat Offline

Sekarang ini, hampir semua orang telah memiliki perangkat smartphone dan beberapa orang mungkin sudah menggantungkan pekerjaan/aktivitasnya melalui smartphone.

Sebenarnya, smartphone dapat dipakai untuk mengakses internet dan mencari jadwal salat, tetapi hal itu dapat dipermudah apabila Anda memasang aplikasi pengingat salat offline.

Aplikasi tersebut berisi jadwal salat, azan, hingga nasihat-nasihat dan motivasi islami.

Karena banyaknya aplikasi yang tersedia, pasti Anda juga bingung untuk memilih mana aplikasi yang terbaik.

Artikel ini akan mengulas aplikasi pengingat salat offline terbaik untuk Anda, baca artikel ini hingga akhir, ya.

1. Muslim PRO

Aplikasi Pengingat Salat Offline

Muslim PRO adalah aplikasi pengingat salat yang paling banyak diunduh di Play Store yaitu mencapai 50 juta lebih unduhan.

Aplikasi ini akan memberikan notifikasi berupa suara azan jika sudah memasuki waktu salat sesuai wilayah Anda.

Tak hanya itu, Muslim PRO memiliki fitur lengkap lainnya seperti Al-Qur’an dan arah kiblat.

Meski pada tahun 2020 lalu Muslim PRO sempat diduga membocorkan data pengguna kepada militer AS, mereka telah menyangkalnya dan memberikan klarifikasi melalui akun Twitter mereka.

Terlepas dari kontroversi yang pernah terjadi, aplikasi Muslim PRO adalah aplikasi yang sangat lengkap dan merupakan salah satu aplikasi pengingat salat offline terbaik.

Baca Juga: 6 Tradisi Unik Menyambut Ramadan yang Ada di Indonesia

2. Athan

Aplikasi Pengingat Salat Offline

Aplikasi pengingat salat offline yang kedua adalah Athan yang dikembangkan oleh IslamicFinder.org.

Aplikasi Athan membawa berbagai fitur yang cukup banyak, termasuk Al-Qur’an yang memiliki dua tema dengan dukungan 45 bahasa.

Selain itu, Athan juga dilengkapi dengan fitur yang mampu mencari arah kiblat dan letak masjid terdekat.

Tak hanya itu, kalender Islam juga dapat Anda temukan ketika memasang aplikasi Athan ini.

Athan telah digunakan oleh 10+ juta pengguna.

3. Umma

Umma

Umma adalah aplikasi yang juga kaya fitur, dan bahkan ada fitur yang tidak ada pada aplikasi yang diulas pada artikel ini, apa itu?

Selain fitur reguler seperti azan, Qur’an, dan penentu arah kiblat, Umma ini memiliki fitur menarik, yaitu Podcast, komunitas, dan konten-konten Islam.

Bisa dibilang, Umma adalah aplikasi dengan paket lengkap yang sangat memudahkan umat Islam dalam beribadah.

Anda bisa mendengarkan Podcast yang membahas seputar agama Islam, serta bertanya saat kelas Qur’an, seminar, dan diskusi secara live.

Dari segi tampilan, Umma memiliki display yang rapi, clean, dan tentu mudah untuk digunakan.

Umma telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna.

4. Salaam

Salaam

Salaam adalah aplikasi yang juga tak kalah lengkap karena selain memiliki fitur alarm azan, Qur’an, kiblat, dan konten harian, Salaam juga dibekali dengan panduan haji dan umroh.

Aplikasi pengingat salat offline ini dikembangkan oleh Samsung Electronics Indonesia, dan sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna Android.

Bisa dibilang, Salaam ini memiliki tampilan yang lebih sederhana dan sangat mudah digunakan.

Meski besutan Samsung Indonesia, Salaam tidak menutup kesempatan bagi smartphone merek lain untuk menggunakannya.

Baca Juga: Amalan Malam Lailatul Qadar yang Dianjurkan

5. Jadwal Sholat dan Imsakiyah

Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

Selanjutnya ada aplikasi besutan Kodelokus Cipta Aplikasi yang juga mengembangkan aplikasi Kamus Bahasa Inggris, Arab, KBBI, hingga aplikasi Quran.

Sama halnya seperti Muslim PRO, Jadwal Sholat dan Imsakiyah juga dilengkapi dengan alarm azan ketika memasuki waktu salat.

Selain itu, Anda juga dapat menentukan arah kiblat menggunakan aplikasi ini, tentu hal ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang selalu berada di tempat yang asing dan bingung mencari arah kiblat salat.

Jadwal Sholat dan Imsakiyah ini telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 5 juga pengguna.

Baca Juga: Jenis-Jenis Olahraga saat Puasa yang Bisa Anda Lakukan

Penutup

Dengan kecanggihan teknologi yang ada, mari gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah dengan tidak meninggalkan kewajiban yang dimiliki, salah satunya adalah salat lima waktu.

Jangan sampai smartphone yang Anda miliki hanya digunakan untuk hal yang sia-sia, lagipula aplikasi pengingat salat offline sangat bermanfaat bagi Anda terutama yang sering terlupa dengan waktu salat.

Demikianlah rekomendasi aplikasi pengingat salat offline terbaik, semoga aplikasi ini dapat membantu Anda untuk senantiasa di jalan Allah.

Sampai bertemu di artikel berikutnya.

Oh iya, Anda bisa membaca artikel-artikel islam lainnya di blog Ramadan.id yang berisi tips, ide bisnis, hingga rekomendasi fashion islam.