7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa dengan Mudah

0
361
CARA MENGHILANGKAN NGANTUK SAAT PUASA

Rasa kantuk saat puasa memang sulit untuk dihindari oleh setiap muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Selain menahan lapar dan haus, rasa kantuk pun harus dapat dikendalikan agar dapat tetap produktif menjalankan aktivitas seperti normal seperti bekerja.

Jika biasanya rasa kantuk dapat diatasi dengan camilan atau minuman, pada saat puasa seperti Ramadan sekarang ini tentu Anda tidak akan bisa melakukan hal itu karena akan membatalkan puasa.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi rasa ngantuk saat puasa?

Cobalah terapkan cara-cara menghilangkan ngantuk saat puasa pada artikel kali ini.

Mengapa Saat Puasa Sering Ngantuk?

Bila melihat pada pola hidup pada saat Ramadan, orang-orang yang berpuasa pasti akan bangun lebih awal untuk makan sahur.

Di hari-hari lain, banyak orang yang biasanya bangun tidur pada menjelang subuh, tetapi saat Ramadan orang-orang akan bangun pukul 02.00 WIB untuk menyiapkan sahur, atau paling tidak pukul 03.00 WIB.

Selain itu, begadang juga menjadi alasan kuat mengapa rasa kantuk sulit untuk dihindari.

Jika melansir Klikdokter, salah satu penyebab munculnya rasa kantuk saat puasa disebabkan oleh perubahan pola makan yang terjadi.

Biasanya, makan pada siang hari bertujuan untuk menambah suntikan energi, tetapi karena puasa dan tidak memungkinkan untuk makan siang, suntikan energi di dalam tubuh pun tidak ada.

Untuk mengatasinya, tubuh akan mencari sumber energi lain dengan cara memecah cadangan gula dan menurunkan intensitas kerja agar sisa energi bisa cukup sampai waktu berbuka.

Akibat menurunkan cadangan gula, tubuh pun akhirnya mengalami rasa kantuk dan otak tidak dapat bekerja dengan maksimal.

7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa

Setelah mengetahui beberapa sebab timbulnya rasa kantuk saat puasa, kini waktunya Anda menerapkan beberapa cara menghilangkan ngantuk saat puasa dengan sangat mudah.

1. Cuci Muka

Jika Anda merasa ngantuk pada saat beraktivitas dan sedang berpuasa, pergilah mencuci muka agar terasa lebih segar.

Cara ini memang konvensional, tetapi memang terbukti sukses mengatasi rasa kantuk selama berpuasa.

Anda bisa mencuci muka dengan atau tanpa sabun wajah, hanya saja Anda perlu memastikan bahwa air yang Anda gunakan bersih, ya.

Baca Juga: Tips Hemat di Bulan Ramadan Agar Keuangan Tetap Aman

2. Jangan Begadang

Bisa dibilang, begadang bisa menjadi penyebab utama timbulnya rasa kantuk saat berpuasa.

Pasalnya, waktu tidur yang sudah berkurang karena mengharuskan bangun lebih awal justru ditambah dengan pola tidur yang tidak dijaga karena begadang.

Selama Ramadan, Anda disarankan tidur lebih cepat setelah salat isya atau tarawih agar waktu tidur Anda cukup, sehingga pada saat siang hari tidak merasakan kantuk berat.

3. Aktif Bergerak

Banyak yang mengira bahwa aktif bergerak akan membuat tubuh semakin lemas dan lelah, tetapi aktif yang dimaksud di sini adalah tetap beraktivitas dibanding bermalas-malasan.

Bermalas-malasan justru akan membuat Anda semakin mengantuk, akibatnya tubuh pun menjadi lemas.

Sementara itu, jika Anda aktif menggerakkan tubuh, misalnya dengan berjalan kaki akan memompa oksigen ke pembuluh darah, otak, dan otot sehingga akan membantu menghilangkan rasa kantuk.

Bila perlu, Anda bisa berolahraga ringan seperti push up, jogging ringan, dan sebagainya.

4. Lakukan Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan dilakukan untuk meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh, dan termasuk cara menghilangkan ngantuk saat puasa dengan mudah serta cepat.

Karena pada dasarnya, kekurangan oksigen merupakan salah satu penyebab rasa kantuk muncul, sehingga tak jarang Anda akan menguap berkali-kali.

Cara melakukan pernapasan juga sangat mudah, tariklah napas dalam-dalam, kemudian tahan selama beberapa detik, setelah itu hembuskan pelan-pelan.

5. Mengobrol

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang selanjutnya adalah dengan mengalihkan rasa kantuk dengan mengobrol bersama orang-orang terdekat Anda.

Dengan adanya interaksi bersama lawan bicara, reflek tubuh Anda akan memperhatikan setiap percakapan dengan konsentrasi, sehingga komunikasi dua arah pun dapat terjadi.

Melansir dari Hellosehat, agar dapat menghilangkan rasa kantuk, disarankan untuk membicarakan hal yang bertema “berat”.

6. Tidur Siang Sebentar

Obat ampuh untuk mengobat rasa kantuk adalah tidur. Namun, tidur dalam waktu yang lama akan menghambat semua aktivitas yang seharusnya Anda selesaikan.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa tidur siang sebentar selama 5-25 agar bisa mengatasi kantuk dengan efektif.

Dengan demikian, Anda masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa dan memiliki waktu tidur di siang hari tanpa saling tergganggu.

Mengapa hanya beberapa menit saja? Karena terlalu banyak tidur justru akan membuat tubuh menjadi lemas, dan berpengaruh juga kepada bau mulut yang tidak sedap.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa dengan Mudah

7. Mencari Hiburan Lain

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang berikutnya adalah menghibur diri dengan beberapa aktivitas digital.

Adapun hiburan yang bisa Anda dapatkan yaitu melalui tayangan YouTube, TikTok, bermain game favorit, dan sebagainya.

Namun, karena hiburan tersebut hanya bisa didapatkan melalui layar gadget, maka Anda harus memperhatikan bahwa menatap gadget terlalu lama justru akan membahayakan mata Anda.

Sehingga Anda juga perlu membatasi dalam mengakses hiburan tersebut agar tidak membahayakan tubuh.

Penutup

Puasa dan rasa kantuk adalah dua hal yang sudah bersatu dan memang sudah wajar.

Seringkali hal ini membuat banyak orang merasa terhambat dalam menjalankan aktivitasnya selama Ramadan.

Maka dari itu, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan ngantuk saat puasa seperti yang sudah dibahas dalam artikel ini.

Semoga cara-cara ini dapat membantu menghilangkan rasa kantuk Anda, sehingga tidak menyalahkan puasa sebagai penyebab utama munculnya rasa kantuk.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, Anda juga bisa mendapatkan tips-tips lain seputar bulan Ramadan dan agama Islam hanya di blog Ramadan.id.