7 Amalan Doa Menyambut Bulan Ramadan 2024 dan Artinya

Bulan Ramadan jadi bulan yang penuh berkah dan berlimpah pahala bagi umat muslim. Apa saja doa bulan Ramadan yang dapat dilakukan?

0
78
Amalan doa bulan Ramadan

Bagi umat muslim, bulan Ramadan menjadi momen untuk memperbanyak ibadan kepada Allah SWT. Kita dianjurkan untuk senantiasa memanjatkan doa-doa baik. Ada pula amalan-amalan khusus yang dilakukan di saat Ramadan.

Keutamaan bulan Ramadan disebut di dalam hadits Abu Hurairah RA yang memiliki arti berikut:

“Ketika datang (bulan) Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.”

Apa saja doa bulan Ramadan yang dianjurkan? Berikut 7 doa bulan Ramadan dan artinya!

1. Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Doa memasuki bulan Ramadhan yang bisa diamalkan salah satunya diriwayatkan dari At-Tirmidzi dan Ab-Darimi, yang berbunyi seperti berikut,

Bacaan: “Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah”

Artinya: “Ya Allah, mohon hadirkan awal Ramadhan untuk kami dengan penuh ketenangan dan penuh keimanan, dan dengan penuh keselamatan dan dalam keislaman, dengan taufik agar kami melakukan yang disukai dan diridhai oleh Rabbku dan Rabbmu, yaitu Allah.”

2. Doa Melihat Hilal

Thalhah bin Ubaidillah dalam Musnad Ad-Darimi dan kitab Imam Tirmidzi yang diterjemahkan oleh Kasimun meriwayatkan bahwa saat melihat hilal, Rasulullah SAW membaca doa berikut:

Bacaan: “Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah.”

Artinya: “Ya Allah, hilalkanlah bulan ini pada kami dengan membawa berkah, iman, keselamatan, dan Islam. Rabbku dan Rabbmu adalah Allah.”

3. Doa Menjelang Berbuka Puasa

Dikutip dari NU Online, sebelum berbuka puasa, umat muslim sebaiknya memanjatkan doa berikut:

Bacaan: “Asyhadu alla ilaha illallah, astaghfirullah, as aluka ridlaka wal jannata wa na’udzu bika minannar.”

Artinya: “Aku bersaksi tidak ada Tuhan Selain Allah, aku mohon ampun kepada Allah, aku mohon RidhaMu, Surga­Mu dan selamatkanlah aku dari neraka.”

4. Doa Berbuka Puasa

Dari HR Abu Dawud, saat berbuka puasa dianjurkan membaca doa berikut:

Bacaan: “Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.”

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

5. Doa Sesudah Tarawih

Bacaan: “Allahumma inna nas aluka ridhoka wal jannata, wa naudzubika min sakhotika wannaar. Allahumma innaka ‘afuwwun karim, yuhibbul ‘afwa fa’fuanna wa waalidayna wa ‘an jami’il muslimiina wal muslimaati birohmatika yaa arhamar roohimiin.”

Artinya: “Ya Allah, kami memohon ke hadirat-Mu untuk mendapatkan keridhaan-Mu dan surga-Mu. Dan kami berlindung dari kemurkaan-Mu dan dari siksa api neraka. Ya Allah, Engkau Maha Pengampun lagi Maha mulia, Engkau suka mengampuni, karena itu ampunilah kami dan ampunilah ibu bapak kami serta seluruh kaum muslimin dan muslimat dengan kasih sayang-Mu, wahai Tuhan yang Maha Penyayang.”

6. Doa Setelah Sholat Witir

Bacaan: “Subhaanal malikil qudduus.” (3x) – HR Nasai dan Ibnu Sinni.

Artinya: “Mahasuci Tuhan, Pemilik (alam semesta) yang Maha Quddus”

Setelah itu, dilanjutkan dengan bacaan doa bulan Ramadhan yang diriwayatkan dari HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasai berikut:

“Allahumma inni a’udzu bi ridhooka min sukhthika, wa a’uudzu bi mu’aafaatika min ‘uquubatika, wa a’uudzu bika minka, laa uhshii tsanaa an ‘alaika anta kama atsnaita ‘alaa nafsika.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridaan-Mu dari murka-Mu, dan aku berlindung dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu, dan aku berlindung dengan-Mu dari-Mu. Aku tidak dapat menghitung pujian atas-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu.”

7. Doa di Malam Lailatul Qadar

Amalan bulan Ramadan di malam Lailatul Qadar yang diriwayatkan Tirmidzi, Nasai Ibu Majah dan lainnya berbunyi,

Bacaan: “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.” – HR Tirmidzi, Nasai Ibnu Majah dan lainnya.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, Engkau menyukai kemaafan, maka maafkanlah kesalahanku.”

Dengan melakukan amalan doa menyambut bulan Ramadan ini, diharapkan kita dapat memperoleh keberkahan dan kebaikan yang lebih besar di bulan penuh berkah ini. Selamat menunaikan ibadah puasa.