Sering Dilakukan, Ini 3 Hal yang Membuat Puasa Sia-Sia

0
348
HAL YANG MEMBUAT PUASA SIA-SIA

Bulan ramadan adalah kesempatan emas bagi umat Islam dalam melaksanakan semua amalan-amalan secara maksimal, karena keutamaan bulan yang satu ini sangat luar biasa.

Salah satu amalan yang wajib dilakukan pada bulan ramadan adalah puasa bagi yang sudah memenuhi syarat.

Puasa memiliki banyak manfaat bagi fisik dan batin umat Islam, yang salah satunya adalah meningkatkan ketakwaan dan tentunya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Namun, ada beberapa hal yang membuat puasa sia-sia, karena hal ini hampir setiap hari oleh ditemui oleh sebagian orang.

Nah, simak beberapa hal yang membuat puasa sia-sia, dan renungkan apakah Anda juga pernah melakukan salah satu di antaranya.

3 Hal yang Membuat Puasa Sia-Sia

Berbagai hal yang memicu puasa seorang muslim tidak diterima Allah ternyata cukup sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, di luar bulan ramadan, hal-hal ini sebenarnya merupakan tindakan yang sebaiknya Anda jauhi.

Akibatnya, puasa yang telah dilaksanakan secara penuh dalam sebulan pun tidak membuahkan hasil, kecuali hanya lapar dan haus saja.

Sebagaimana dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

“Betapa banyak orang yang berpuasa, tetapi dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy).

Seperti yang diketahui, umat Islam menahan diri dari godaan kecil hingga besar sekali pun, tetapi tidak mendapatkan apa-apa.

Berikut ini hal-hal yang membuat puasa sia-sia.

Baca Juga: 5 Keutamaan Bulan Ramadan yang Sebaiknya Anda Ketahui

1. Tidak Menjaga Lisan

Seperti diketahui, puasa mewajibkan untuk menahan lapar (perut), puasa juga mengharuskan untuk menahan lisan dari semua perkataan buruk, seperti berbohong, menggunjing, mengadu domba, mengumpat, hingga berbohong.

Tanpa disadari, lisan justru menjadi hal yang sangat sensitif bagi orang lain, tentu hal ini sangat patut dijaga pada bulan ramadan, bahkan di bulan-bulan lain.

Nah, pasti Anda pernah melihat orang-orang yang berpuasa tetapi masih belum menjaga lisannya, atau bahkan Anda pernah melakukannya?

Dalam salah satu hadis, rasulullah bersabda:

“Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta tetapi mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903).

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan 1443/2022

2. Tidak Menjaga Pandangan

Selain menahan lapar dan haus, puasa juga mengharuskan untuk menjaga nafsu (kemaluannya).

Meski saat ramadan setan-setan dibelenggu, tetapi pemicu manusia untuk melihat dan mendengar hal-hal buruk tetap muncul dari dalam dirinya sendiri karena tidak sanggup menahannya.

Sehingga, tidak ada setan pun, manusia cenderung tetap berbuat buruk karena sudah menjadi kebiasaan.

Pandangan mata dapat memicu seseorang bernafsu untuk berbuat maksiat, yang mana ini sangat dibenci oleh Allah.

Selain itu, Anda mungkin juga tidak dapat mengatur semua orang, maka salah satu cara untuk menghindari adalah dengan menahannya.

Allah pun berfirman dalam Q.S An-Nur Ayat 30 yang artinya:

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”

Memandang hal maksiat saja tidak diperbolehkan, apalagi melakukannya, jelaslah ia bukan orang yang beriman.

3. Tidak Ikhlas

Dalam beribadah apa saja termasuk puasa, sifat tidak ikhlas juga menjadi hal yang membuat puasa sia-sia.

Pasalnya, orang-orang hanya melakukan ibadah karena ingin dipandang tinggi dan dipuji, selain itu juga suka memamerkan semua amalan yang dilakukannya (riya’).

Maka perbaiki niat awal ketika akan mengerjakan ibadah ramadan, jangan sampai Anda berpuasa juga hanya ingin dilihat sebagai orang yang taat ibadah, padahal jika tidak ada yang melihat, Anda meninggalkannya.

Laksanakan puasa karena iman kepada Allah, seperti pada sebuah hadis:

“Barang siapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”  (HR. Bukhari No. 38 dan Muslim No. 760).

Baca Juga: Tips Hemat di Bulan Ramadan Agar Keuangan Tetap Aman

Kesimpulan

Sadar atau tidak, sebenarnya hal-hal yang membuat puasa sia-sia justru sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, penting bagi setiap muslim untuk meningkatkan ketakwaannya kepada Allah agar dapat menghindari apapun itu yang membuat puasa menjadi sia-sia.

Meski sudah terlihat umum dan sepele, nyatanya hal-hal yang sudah disebutkan di atas dapat membuat puasa buyar, artinya rugi karena tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar.

Setelah membaca artikel ini, semoga dapat membantu Anda bila mungkin masih sering melakukan hal yang sia-sia.

Semoga Allah selalu melindungi setiap muslim di mana pun berada, serta senantiasa memberikan nikmat agar dapat terus bertemu dengan bulan ramadan, Aamiin.

Dapatkan informasi dan tips lainnya seputar ramadan dan Islam hanya di Ramadan.id.