Hemat, Ini 5 Ide Hidangan Khas Lebaran Selain Opor

0
323
HIDANGAN KHAS LEBARAN
Ide hidangan khas lebaran selain opor. Sumber: dbl.id

Bulan Ramadan sudah memasuki pekan terakhir, sebentar lagi seluruh umat Islam di dunia akan menyambut sebuah hari di mana mereka akan saling berkumpul dengan keluarga untuk bersilaturahmi setelah menjalani ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh.

Selain bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar, biasanya momen Idulfitri atau lebaran akan diwarnai dengan sebuah ‘pesta’ makanan khas lebaran.

Opor ayam adalah menu hidangan yang sudah sangat identik dengan Idulfitri karena banyak sekali yang menghidangkan menu ini untuk menjamu setiap tamu atau keluarga yang datang.

Selain opor ayam, sebenarnya apa saja makanan khas lebaran yang cocok untuk menemani hari yang besar bagi umat Islam ini?

Berikut beberapa ulasan ide hidangan yang bisa Anda jadikan menu saat lebaran nanti, ikuti artikel ini hingga akhir, ya.

Mengapa Opor Ayam Identik dengan Lebaran?

Sebelum membahas apa saja hidangan khas lebaran selain opor, kenali dahulu alasan mengapa opor ayam adalah makanan yang identik saat lebaran.

Melansir Good News From Indonesia, Travelling Chef Wira Hardiansyah menuturkan bahwa opor sendiri memiliki makna meminta maaf atas semua kesalahan yang dimiliki, dan hidangan ini adalah hasil dari asimilasi budaya oleh orang-orang yang berada di Nusantara.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Murdijati-Gardjito, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, menjelaskan bahwa opor merupakan makanan asli yang berasal dari Jawa.

Seperti diketahui, Idulfitri/lebaran juga akan menjadi momen saling meminta maaf atas semua dosa dan kesalahan selama satu tahun yang lalu.

Maka dari itu, opor akhirnya dihubung-hubungkan dengan lebaran karena momen saling meminta maaf.

Terlepas dari dua pendapat mengenai asal usul opor, yang jelas makanan khas lebaran ini memiliki rasa yang lezat jika disajikan dengan ketupat, lontong, bahkan dengan nasi beras biasa.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa dengan Mudah

Hidangan Khas Lebaran Selain Opor

Kepopuleran opor saat lebaran memang sudah tidak mengherankan lagi, tetapi tidak memungkiri juga bahwa pasti ada sebagian orang yang bosan dengan hidangan khas lebaran ini.

Maklum saja, karena banyak yang menghidangkan opor ayam saat lebaran, tamu-tamu yang datang nyaris selalu ‘bertemu’ dengan makanan yang satu ini.

Nah, sebagai orang yang menjamu berbagai orang saat lebaran, Anda bisa membuat beberapa hidangan tambahan lain untuk mengatasi seandainya ada tamu yang ternyata bosan dengan menu opor ayam.

Ramadan.id akan mencoba memberikan beberapa rekomendasi ide hidangan khas lebaran selain opor, berikut ulasan selengkapnya.

1. Bakso

bakso
Hidangan bakso sapi. Sumber: Liputan6

Bakso adalah salah satu makanan populer yang ada di Indonesia dan hampir setiap saat Anda akan mudah sekali menemui makanan yang satu ini.

Meski demikian, jarang sekali orang yang tidak suka dengan bakso, karena Anda bisa memvariasikan bahan yang digunakan untuk membuat bakso.

Jika umumnya bakso yang dijual berbahan dasar daging sapi, Anda bisa membuat bakso menggunakan daging sapi, ayam, ikan hingga udang.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tetelan, iga, dan variasi tambahan lainnya.

Cara membuatnya juga terbilang praktis karena Anda hanya perlu menggilingkan daging dan membentuknya menjadi bola-bola kecil.

Dengan membuat menu bakso, Anda juga bisa menyesuaikan biaya yang ingin dikeluarkan dengan memilih bahan yang digunakan.

Baca Juga: Tips Mudik dengan Motor yang Sebaiknya Anda Lakukan

2. Soto

soto
Masakan soto untuk lebaran. Sumber: Tirto.id

Tak kalah populer dengan bakso, soto juga salah satu menu yang sangat cocok untuk Anda jadikan hidangan khas lebaran selain opor.

Pada dasarnya, soto adalah sebuah masakan yang terbuat dari kaldu daging dan beberapa jenis sayuran.

Di Indonesia sendiri, soto memiliki banyak sekali jenisnya, seperti soto lamongan, soto mie, soto betawi, dan masih banyak lagi.

Jauh lebih bervariatif dari bakso, soto juga sangat mudah dibuat dan disesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

3. Sambal Goreng Kreni

SAMBAL GORENG KRENI
Sambal goreng kreni, olahan daging sapi yang digiling. Sumber: Cookpad

Sambal goreng kreni adalah salah satu masakan daging yang digiling dan dimasak dengan bumbu pedas.

Jika Anda belum terlalu familier dengan sambal goreng kreni, biasanya hidangan ini sangat umum ditemui pada saat acara hajatan di kampung.

Tak hanya itu, masakan sambal goreng kreni ini adalah pilihan lain selain sambal goreng ati, loh.

Rasa daging sapi gilingnya yang lezat ditambah bumbu pedas sambal goreng sangat cocok untuk menjamu tamu Anda.

4. Rendang

Hidangan Khas Lebaran
Rendang, makanan khas yang pernah menjadi makanan terenak di dunia. Sumber: Minews

Pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN Travel, Rendang adalah makanan yang sangat cocok untuk disajikan saat hari lebaran sebagai alternatif opor ayam.

Makanan khas Sumatera Barat ini sangat terkenal dan biasanya sangat mudah ditemui di warung-warung Nasi Padang.

Rendang pada dasarnya adalah olahan daging yang dimasak dengan suhu rendah dan dalam waktu yang terbilang lama untuk membuat sebuah hidangan, empat hingga enam jam.

Namun, waktu yang Anda keluarkan untuk membuat rendang tidak akan membuat sia-sia karena bumbunya memiliki cita rasa yang khas rempah-rempah dan sedikit pedas.

Tak heran apabila kelezatan rendang sudah diakui dunia, dan Anda bisa menghidangkannya saat lebaran.

Baca Juga: Penyakit Ain: Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghindarinya

5. Hidangan Sup

Hidangan Khas Lebaran
Sup ayam, salah satu jenis masakan sup dan memiliki rasa yang lezat. Sumber: Fimela

Siapa yang tidak pernah mendengar masakan sup ini, masakan berkuah kaldu yang memiliki berbagai isian di dalamnya.

Hampir sama seperti soto, jenis-jenis sup pun juga beragam berdasarkan isian dan bahan dasarnya.

Beberapa jenis sup yang ada dan populer adalah sup ayam, sup buntut, sup kaki kambing, sup bunga matahari, sup iga, sup konro, dan masih banyak lagi.

Di antara banyaknya jenis sup yang ada, Anda bisa memilih salah satu atau lebih karena tiap jenisnya memiliki rasa yang unik dan yang pastinya sangat lezat.

Penutup

Itulah beberapa alternatif hidangan khas lebaran yang bisa Anda pilih selain opor ayam untuk mengatasi kebosanan saat lebaran.

Apabila Anda memiliki ide hidangan lain untuk lebaran, silakan berkomentar di bawah, ya.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam mencari ide hidangan khas untuk lebaran.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, pantau terus blog Ramadan.id untuk mendapatkan tips seputar Ramadan dan Islam.