5 Hikmah Puasa Ramadan yang Harus Anda Tahu

0
420
HIKMAH PUASA RAMADAN

Hikmah puasa Ramadan bisa diperoleh apabila setiap muslim telah melaksanakan ibadahnya pada bulan Ramadan.

Seperti diketahui, setiap muslim yang menjalankan ibadah Ramadan tidak hanya puasa menahan dari lapar dan haus saja, tetapi juga menahan segala hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa.

Sebenarnya, hikmah puasa Ramadan bagi umat Islam sangatlah penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari, sebagaimana dengan tujuan selamat di dunia dan di akhirat.

Adapun hikmah puasa Ramadan yang sebaiknya Anda ketahui agar tidak lagi menyia-nyiakan ibadah wajib yang satu ini.

5 Hikmah Puasa Ramadan

Hikmah puasa Ramadan sendiri sebenarnya sangat luas dan tidak hanya sebatas pada manfaat fisik saja, akan tetapi juga manfaat secara rohaniah, yang berhubungan dengan Allah SWT.

Ketahui hikmah puasa Ramadan di bawah ini.

1. Meningkatkan Ketakwaan Kepada Allah SWT

hikmah puasa Ramadan yang pertama adalah untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dengan melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Allah telah berfirman dalam Q.S Al-Baqarah ayat 183: 

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Ayat tersebut sudah sangat jelas bahwa tujuan Allah mewajibkan puasa kepada orang-orang beriman adalah untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT.

Bentuk perwujudan takwa adalah dengan menjalankan semua perintah-Nya, dan menjauhi segala larangan-Nya.

Di sini, Anda dapat memahami bahwa saat melaksanakan ibadah puasa seluruh umat Islam harus menjauhi larangan Allah karena akan membatalkan puasa.

Karena pada hari-hari biasa, ada saja orang-orang yang mengaku beriman tetapi tetap mengerjakan larangan Allah, salah satunya adalah berzina, mencuri, dan sebagainya.

Maka dari itu, apabila Anda dapat melaksanakan puasa Ramadan dengan baik, insyaallah ketakwaan Anda kepada Allah semakin meningkat.

Baca Juga: Hemat, Ini 5 Ide Hidangan Khas Lebaran Selain Opor

2. Latihan Menahan Hawa Nafsu

Selama berpuasa, umat Islam dilatih untuk mengendalikan diri dari hawa nafsu, misalnya berhubungan suami istri dan nafsu amarah.

Allah pun memberikan banyak sekali keutamaan pada bulan Ramadan agar setiap muslim bersemangat untuk beribadah dan meminta ampunan.

Selain itu, Allah juga akan membelenggu setan agar tidak menggoda manusia untuk melakukan perbuatan yang didasari oleh hawa nafsu.

Anda juga dapat memilih amalan mana yang sekiranya dapat membantu Anda dalam meningkatkan ketakwaan terhadap Allah.

Berhati-hatilah terhadap setiap nafsu kesenangan dunia, karena bisa saja memperdaya Anda alih-alih membuat bahagia.

Karena sejatinya kebahagiaan di dunia ini hanyalah sementara, mari perbanyak ibadah kepada Allah dan menjauhi segala larangan-Nya agar terhindar dari musuh utama manusia, yaitu hawa nafsu.

3. Mulai Meninggalkan Perbuatan Zalim

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, bahwa puasa dapat mencegah umat Islam untuk melakukan perbuatan yang zalim.

Maka saat waktu berpuasa, orang-orang akan berlomba-lomba melakukan amalan terbaik mereka untuk meningkatkan keimanan kepada Allah.

Alasan utama yang mendasari mereka melakukan hal tersebut adalah jika mereka tetap berbuat zalim saat berpuasa maka ibadah Ramadan yang ia kerjakan akan sia-sia.

Sebagaimana dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: 

“Betapa banyak orang yang berpuasa tetapi dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy dalam Al Kabir dan sanadnya tidak mengapa. Syaikh Al Albani dalam Sahih At Targhib wa At Tarhib no. 1084 mengatakan bahwa hadis ini sahih ligoirihi–sahih dilihat dari jalur lainnya).

Baca Juga: Sering Dilakukan, Ini 3 Hal yang Membuat Puasa Sia-Sia

4. Merasakan Penderitaan Orang yang Kurang Mampu

Hikmah puasa Ramadan yang berikutnya adalah dapat menambah kepekaan dan empati terhadap orang yang kurang mampu.

Orang-orang yang kurang mampu pasti sudah terbiasa dengan menahan lapar karena untuk memenuhi kebutuhannya saja bahkan mereka terkadang tidak mampu.

Kemudian hal ini pun menjadi salah satu alasan mengapa bulan Ramadan adalah bulan di mana banyak sekali orang yang bersedekah kepada orang yang kurang mampu.

Adapun beberapa kegiatan yang didasari oleh rasa empati, yaitu memberikan makanan untuk berbuka puasa dan sahur, zakat, dan sebagainya.

Pada intinya, dengan berempati kepada orang-orang yang kurang mampu, Anda dapat lebih memahami apa itu makna bersyukur.

5. Menyehatkan Badan

Selain hikmah rohani, puasa juga rupanya memberikan banyak manfaat bagi jasmani umat Islam.

Menurut Alodokter, puasa memberikan beberapa manfaat kesehatan seperti mengurangi berat badan, mengurangi risiko diabetes, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko terkena kanker, serta menjaga kesehatan mental.

Tanpa Anda sadari, puasa memiliki banyak sekali hikmah dan manfaatnya yang pada akhirnya akan membantu Anda dalam upaya menggapai ketakwaan kepada Allah SWT, sehingga potensi-potensi godaan yang menjerumuskan Anda untuk berbuat buruk pun dapat berkurang apabila ketakwaan sudah meningkat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa dengan Mudah

Penutup

Betapa ruginya umat Islam yang sudah diwajibkan berpuasa justru meninggalkannya karena alasan yang tidak jelas dan lebih memilih berbuat zalim.

Puasa Ramadan adalah ibadah wajib bagi umat Islam yang memiliki banyak sekali keutamaan dan hikmah bila dilaksanakan dengan ikhlas hanya karena Allah.

Setelah mengetahui hikmah-hikmah puasa Ramadan, sekarang Anda sudah paham pentingya untuk tidak meninggalkan puasa Ramadan, bukan?

Semoga penjelasan singkat ini dapat menjadi sarana yang membantu Anda dalam meningkatkan ketakwaan kepada Allah.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, jangan lupa untuk selalu menantikan artikel-artikel yang membahas seputar bulan Ramadan dan Islam hanya di Ramadan.id.