5 Keutamaan Bulan Ramadan yang Sebaiknya Anda Ketahui

0
306
KEUTAMAAN BULAN RAMADAN

Keutamaan bulan Ramadan hanya datang pada saat bulan yang mulia ini datang, yaitu setiap setahun sekali.

Itulah mengapa setiap bulan Ramadan seluruh umat Islam di seluruh dunia akan meningkatkan keimanan mereka agar menjadi lebih tinggi dan mendapatkan kebaikan olh Allah.

Salah satu cara untuk meningkatkan keimanan seluruh umat muslim yaitu dengan memperbanyak amalan-amalan di bulan ramadan.

Amalan-amalan yang dilakukan merujuk pada keutamaan bulan ramadan yang mana membuat bulan ini dikatakan sebagai bulan kemuliaan.

Berikut keutamaan bulan ramadan yang sebaiknya Anda tahu.

Keutamaan Bulan Ramadan

Terdapat keutamaan-keutamaan bulan ramadan yang menjadi salah satu alasan umat Islam memperbanyak amalan pada bulan yang sangat mulia ini.

1. Ramadan Bulan Al-Qur’an

Keutamaan bulan Ramadan yang pertama adalah bulan ini merupakan waktu pertama kalinya Al-Qur’an diturunkan.

Pada bulan ini pula Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu yang pertama kali untuk mau membaca dalam surat Al-Alaq.

Al-Qur’an diturunkan pertama kali pada malam 17 Ramadan, itulah mengapa setiap malam 17 Ramadan banyak yang mengadakan tadarus semalam suntuk hingga khatam.

Karena dikenal sebagai bulan lahirnya Al-Qur’an, membaca ayat-ayat yang ada di dalam Al-Qur’an pada bulan ramadan akan meningkatkan keimanan seseorang.

Lagipula, Allah akan melipatgandakan pahala membaca Al-Qur’an pada bulan ramadan.

Sebagaimana dalam sebuah Hadis Riwayat Tirmidzi, No. 2910:

“Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan.

satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kebaikan yang semisal, aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf. namun, alif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.”

2. Pintu Surga Dibuka Lebar

Mencari keutamaan bulan Ramadan dapat membuat seorang muslim semakin dekat dengan Allah.

Pada bulan ramadan ini, pintu surga akan dibuka lebar-lebar dan seluruh malaikat yang ada di sana akan selalu berselawat.

Apabila seseorang ingin dihapus dosa-dosanya dan ingin dimasukkan ke dalam surga yang mereka inginkan, maka sebaiknya setiap muslim meningkatkan kualitas ibadahnya kepada Allah.

Sebenarnya pintu surga dapat dibuka kapan pun bahkan tanpa sepengetahuan umat manusia, tetapi khusus pada bulan Ramadan, surga akan dibuka dengan lebar-lebar sehingga kemungkinan seseorang untuk mendapatkan hidayah dan akhirnya bisa masuk ke dalam surga semakin tinggi.

Hal itu sesuai dengan sebuah riwayat dari Muttafaqun ‘Alaihi:

“Jika telah datang bulan ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu nerakan ditutup, dan setan-setan dibelenggu.”

3. Pintu Neraka Ditutup Rapat

Jika pintu surga akan dibuka lebar, maka pintu neraka akan ditutup rapat-rapat sehingga peluang seorang hamba untuk masuk ke dalamnya sangat kecil.

Hal ini terjadi karena keberkahan yang diberikan pada bulan ini sangatlah besar.

Tidak mengherankan jika banyak sekali hidayah yang diberikan kepada seluruh umat bahkan mereka yang dianggap tidak taat. 

Maka dari itu, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan emas di bulan ramadan untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT.

Baca Juga: 5 Persiapan Menyambut Bulan Ramadan Agar Puasa Lancar

4. Setan Dibelenggu

Pada bulan Ramadan setan akan dibelenggu sehingga akan sulit untuk menggoda atau mengganggu manusia yang sedang beribadah.

Meski demikian, semua kembali kepada niat dimiliki oleh seorang muslim, apabila niatnya tidak sungguh-sungguh, mereka akan tetap melakukan tindakan yang diajarkan setan dan iblis.

5. Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan juga akan hadir pada bulan Ramadan.

Hanya saja, kapan tepatnya malam kemuliaan ini hadir tidak diketahui, akan tetapi ulama mengatakan jika munculnya pada sepuluh hari terakhir.

Pada sepuluh hari terakhir ini pula banyak umat Islam yang melaksanakan I’tikaf di masjid dan berharap dapat bertemu dengan malam lailatul qadar.

Cara Meningkatkan Ibadah di Bulan Ramadan

Mengetahui keutamaan bulan Ramadan saja tidak akan cukup apabila Anda tidak memanfaatkannya untuk beribadah kepada Allah.

Namun, karena satu alasan lain, terkadang ibadah menjadi aktivitas yang berat untuk dilakukan.

Padahal Allah secara jelas telah memuliakan bulan ramadan dengan berbagai keistimewaan yang dimilikinya.

Maka dari itu, untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah khususnya pada bulan ramadan, mungkin Anda bisa menerapkan beberapa tips seperti berikut ini.

a. Tidur yang Cukup

Tidur saat berpuasa memang bisa dikatakan sebagai ibadah, tetapi hanya dengan tidur saja tanpa mengerjakan ibadah lain seperti salat juga akan sia-sia.

Nah, biasanya orang-orang sering begadang setelah salat tarawih hingga menjelang sahur, padahal waktu tersebut lebih baik digunakan untuk tidur agar saat siang hari dapat memiliki tenaga yang cukup untuk berpuasa dan beraktivitas.

Jangan menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak memiliki waktu tidur yang cukup, karena sebenarnya gaya hidup tersebut dipicu oleh diri sendiri, bukan dari ibadah puasa.

Dengan waktu tidur yang cukup, Insyaallah Anda tidak akan beralasan malas untuk beribadah, justru akan lebih bersemangat.

b. Menyempatkan Waktu

Sempatkan sesingkat waktu yang Anda miliki untuk melakukan ibadah kecil, misalnya membaca Al-Qur’an. 

Hal itu akan melatih diri Anda agar terbiasa dengan ibadah tersebut dan lebih memprioritaskannya daripada aktivitas lain yang kurang bermanfaat.

c. Menjaga Pola Makan

Saat bulan ramadan, umat Islam diimbau untuk selalu menjaga pola makan selama menjalankan ibadah puasa.

Pola makan yang buruk seperti terlalu banyak dalam satu kali waktu bisa menyebabkan perut terasa sangat sakit.

Selain itu, Anda juga akan lebih mudah merasakan kantuk, dengan demikian niat untuk mengerjakan ibadah pun akan semakin berkurang karena malas untuk bergerak lebih banyak.

d. Membiasakan Diri Sebelum Ramadan

Membiasakan diri untuk melakukan lebih banyak ibadah sebelum bulan Ramadan tiba juga harus dilakukan, misalnya dengan mengerjakan ibadah sunnah.

Dengan cara ini, Anda akan semakin terbiasa sehingga tidak akan kaget begitu terjadi perubahan pada pola makan dan pola tidur saat ramadan.

Baca Juga: 7 Kegiatan di Bulan Ramadan yang Selalu Dirindukan

Penutup

Keutamaan bulan ramadan sangatlah banyak dan setiap muslim memiliki kesempatan untuk mendapatkan kesmepatan yang sama dalam mendapatkan keutamaannya.

Namun, semuanya tergantung kepada diri masing-masing apakah memiliki niat dan kemauan untuk mendapatkannya.

Jika ingin mendapatkan keutamaan bulan ramadan, maka perbanyaklah dan tingkatkan kualitas ibadah kepada Allah.

Semoga dengan artikel singkat ini dapat menjadi referensi tambahan Anda, dapatkan artikel yang membahas seputar bulan ramadan dan Islam hanya di Ramadan.id.