Daftar Makanan yang Sebaiknya Dikurangi saat Puasa

0
504
makanan yang sebaiknya dikurangi saat puasa

Bulan ramadan telah tiba, dan setiap muslim sudah mulai menjalankan ibadah wajibnya, yaitu puasa bagi yang sudah memenuhi syarat.

Saat berpuasa, umat muslim akan menahan lapar dan haus selama satu hari penuh selama ramadan.

Selain mendapatkan keberkahan karena menjalankan puasa, tidak dimungkiri bahwa puasa juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun, apabila pola puasa Anda tidak sehat, bagaimana cara mendapatkan manfaat puasa untuk kesehatan?

Salah satu faktor yang membuat pola puasa tidak sehat adalah makanan yang dikonsumsi.

Maka Anda perlu mengetahui apa saja makanan yang sebaiknya dikurangi saat puasa karena bisa saja memengaruhi puasa hingga kesehatan Anda.

Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Makanan yang Sebaiknya Dikurangi saat Puasa

Puasa ramadan memang melatih umat Islam untuk meningkatkan ketakwaannya kepada Allah dengan mengendalikan hawa nafsu.

Di balik itu, puasa juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes, mengurangi risiko munculnya kanker, dan masih banyak lagi.

Namun, apabila Anda tidak mampu menjalankan puasa dengan maksimal, sulit untuk mendapatkan manfaat puasa yang telah disebutkan, serta tidak mendapatkan nilai ibadah.

Salah satu cara agar puasa lebih maksimal adalah dengan menjauhi makanan yang sebaiknya dikurangi saat puasa, apa saja?

1. Gorengan

GORENGAN

Gorengan adalah makanan yang sangat umum ditemui di masyarakat karena harganya yang sangat terjangkau.

Salah satu gorengan yang menjadi favorit orang-orang adalah tempe goreng, tahu isi, bakwan, dan lain-lain.

Perlu Anda ketahui bahwa di balik harganya yang terjangkau dan rasanya yang cukup lezat, gorengan justru menyimpan beberapa risiko yang berbahaya bagi tubuh.

Adapun beberapa risiko mengonsumsi gorengan, yaitu kolesterol hingga obesitas.

Selain itu, Anda juga harus cermat memperhatikan cara pembuatan gorengan, karena terkadang minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah dipakai berulang-ulang dan kebersihannya tidak terjamin.

Hal itu dapat meningkatkan risiko kanker, hingga yang paling parah adalah penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, alzheimer, dan lain-lain.

Terlebih saat puasa, apabila memakan gorengan misalnya saat berbuka, tubuh akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna gorengan karena kandungan lemaknya tinggi.

Anda bisa memilih alternatif lain yaitu makanan yang lebih sehat dan nutrisi yang cukup.

Baca Juga: 8 Makanan Tahan Lama untuk Stok Lauk saat Ramadan

2. Makanan/Minuman Manis

makanan yang sebaiknya dikurangi saat puasa

Makanan yang sebaiknya dikurangi saat puasa selanjutnya adalah yang memiliki rasa manis berlebih.

Semua makanan memang memiliki rasa, entah itu manis, asam, pedas, dan asin, tetapi saat puasa tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang manis-manis.

Apabila rasa manis muncul secara alami misalnya dari buah atau sayuran, maka Anda masih diperbolehkan.

Namun, jika rasa manis yang dikonsumsi berasal dari gula tambahan sebaiknya dikurangi karena dapat menyebabkan kadar gula di tubuh naik.

Akibatnya, orang-orang yang mengonsumsi terlalu banyak gula pun berakibat mengidap penyakit diabetes.

Selain pada saat puasa, konsumsi gula yang cukup sebenarnya juga disarankan setiap hari, sehingga tubuh dapat terbebas dari risiko penyakit yang disebabkan oleh gula ini.

Kurangi makan makanan manis seperti yoghurt, es krim, selai, minuman kemasan ringan, permen, sereal, dan sebagainya.

3. Mengandung Kafein

MENGANDUNG KAFEIN

Apabila Anda memiliki riwayat maag, pasti Anda sudah tidak heran lagi jika diminta untuk mengurangi makanan/minuman yang mengandung kafein.

Pasalnya, makanan atau minuman yang mengandung kafein ini dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil, serta lebih mudah merasa haus.

Adapun makanan dan minuman yang mengandung kafein adalah kopi, teh, cokelat, soda, dan suplemen.

Namun, Anda masih tetap bisa mengonsumsi makanan dan minuman berkafein, tetapi tidak diperbolehkan untuk mengesampingkan air putih, ya.

Bila ingin meminumnya saat berbuka, usahakan beri jeda waktu kurang lebih selama dua jam.

Baca Juga: Sering Dilakukan, Ini 3 Hal yang Membuat Puasa Sia-Sia

Menu Sahur Agar Tidak Mudah Lapar

Setelah Anda mengetahui apa saja makanan yang sebaiknya dibatasi saat puasa, kini saatnya Anda sebaiknya mengenal menu-menu sahur yang tidak mudah membuat lapar saat puasa.

Pada dasarnya, umat Islam di Indonesia selalu memakan nasi ketika sahur, karena jika belum makan nasi rasanya masih ada yang kurang.

Padahal, nasi mengandung karbohidrat serta serat yang rendah, akibatnya Anda akan mudah merasa lapar.

Lalu, apa saja menu sahur yang tidak membuat perut mudah lapar?

Melansir dari PopMama, makanan yang tidak membuat mudah lapar adalah makanan yang mengandung serat tinggi, seperti daging, kurma, roti gandum, ubi, oat, dan nasi merah.

Selain mengandung serat tinggi, menu sahur yang mengandung protein tinggi seperti ayam, telur, dan ikan juga membuat kenyang lebih lama.

Nah, Anda bisa mengombinasikan menu yang mengandung nutrisi di atas dengan sayur dan buah-buahan agar kuat menjalankan puasa tanpa merasa lemas.

Jangan Sampai Puasa Anda Batal!

Puasa ramadan adalah ibadah yang sakral bagi umat Islam, sampai-sampai jika meninggalkannya, maka dia harus menggantinya di hari bulan ramadan.

Mengingat pentingnya ibadah puasa, mari perbaiki niat dan diri agar dapat ikhlas menjalankan puasa.

Niatkan puasa karena iman kepada Allah SWT dan mengharap rida-Nya, kemudian jalankan puasa dan janganlah meninggalkannya kecuali alasan yang sah.

Sering ditemui ketika orang-orang yang sengaja meninggalkan puasa disebabkan karena merasa lapar.

Memang lapar bukanlah sebuah kesalahan, karena tentunya semua orang yang berpuasa pun menahan rasa lapar.

Namun, karena orang-orang yang membatalkan puasa ini sudah tergoda oleh setan, tidak heran ketika membatalkan puasa tidak ada rasa sesal di hatinya.

Nah, untuk terhindar dari dorongan membatalkan puasa, Anda bisa menjauhi makanan yang sebaiknya dikurangi saat puasa, serta menerapkan saran menu sahur yang kami berikan.

Dengan demikian, setidaknya Anda bisa menjauhi niat untuk membatalkan puasa.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Anda bisa mendapatkan artikel lain yang membahas seputar ramadan dan Islam hanya di Ramadan.id.