5 Rahasia Mengapa Hari Jumat Sangat Istimewa

0
271
Mengapa Hari Jumat Sangat Istimewa

Hari Jumat adalah hari yang namanya diambil dari kata ijtima’ yang memiliki maka berkumpul, dan umat islam pun memaknainya dengan melaksanakan ibadah salat Jumat pada hari itu.

Seperti diketahui, hari Jumat memang menjadi hari yang spesial di antara hari-hari lainnya.

Maka pada hari itulah umat Islam dianjurkan melaksanakan beberapa amalan sunnah yang tentu telah diteladankan oleh Rasulullah SAW, serta untuk memperoleh pahala dari Allah.

Nah, pasti Anda bertanya-tanya, mengapa hari jumat sangat istimewa? Karena hari Jumat sebenarnya adalah hari yang memiliki rahasia yang membuatnya istimewa dibanding enam hari lainnya.

Untuk penjelasan selengkapnya, simak poin-poinnya di bawah ini, ya.

Mengapa Hari Jumat Sangat Istimewa?

Hari Jumat memang nampak seperti hari-hari lainnya, tetapi ternyata di balik itu, banyak ‘rahasia’ yang menjadi alasan mengapa hari jumat sangat istimewa, terkhusus bagi umat Islam.

Ada sebuah dalil dari Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad yang meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah dalam sebuah hadis:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat, ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya fitri.

Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan, pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi.

Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat, di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahmi.

Hari kiamat terjadi di hari Jumat, tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung, dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.

Adapun beberapa rahasia mengapa hari jumat sangat istimewa yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

Baca Juga: Definisi Masya Allah dan Perbedaannya dengan Subhanallah

1. Terhindar dari Siksa Kubur

Keistimewaan hari Jumat yang pertama adalah dapat menghindarkan dari pedihnya fitnah dan siksa kubur.

Hal ini juga diperkuat dari sebuah hadis yang mengatakan bahwa apabila ada seseorang yang meninggal pada hari Jumat, termasuk malam Jumat, maka dia akan terhindar dari fitnah dan siksa kubur.

Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Amr Ash:

“Barang siapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah dan siksa kubur.”

2. Salat Jumat = Pahala Setahun Puasa & Salat

Salat Jumat yang dilakukan setiap sekali dalam seminggu ini juga ternyata bisa membuat Anda mendapatkan pahala salat dan puasa selama satu tahun.

Namun, hal itu harus dimulai dengan bersegera mendatangi masjid dan mencari saf terdepan.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ahmad dan Ashabus Sunan, dan dinyatakan sahih oleh Ibnu Huzaimah, Aus bin Aus berkata bahwa Rasulullah telah bersabda:

“Siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju masjid dan menempati saf terdepan kemudian dia diam,

Maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan salat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah.

3. Hari Dihapuskannya Dosa

Sebagai manusia yang jauh dari kata sempurna, pasti setiap orang setidaknya pernah berbuat dosa.

Untuk meminta ampunan dari Allah, umat Islam memiliki berbagai cara dengan beribadah dan senantiasa beristighfar.

Namun, ternyata hari Jumat juga merupakan hari di mana dosa-dosa manusia dihapuskan.

Sebagaimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al Farisi, Rasulullah pernah bersabda:

“Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhotbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat,” (HR Bukhari).

Baca Juga: 8 Makanan Tahan Lama untuk Stok Lauk saat Ramadan

4. Hari Terbaik untuk Bersedekah

Sedekah adalah salah satu amalan yang mulia untuk dilakukan oleh setiap muslim, dan Allah menyukai orang-orang yang bersedekah.

Namun, bersedekah di hari Jumat ternyata lebih utama dibanding hari lainnya, meski sedekah adalah perbuatan yang sebaiknya tidak ditinggalkan.

Pernyataan ini diperkuat oleh hadis yang dikatakan oleh Ibnul Qayyim:

“Sedekah pada hari itu (Jumat) dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan ramadan dibanding bulan-bulan lainnya,” (Mauquf Sahih).

5. Mustajab untuk Berdoa

Setiap muslim yang memiliki mimpi dan keinginan agar segera terkabul pasti banyak memanjatkan doa kepada Allah agar cepat terkabul.

Seperti diketahui, banyak yang rela bangun pagi untuk salat tahajud, salat hajat, dan amalan lainnya untuk memohon kepada Allah.

Anda juga bisa memperbanyak doa di hari Jumat karena merupakan hari di mana ketika seorang muslim berdoa, Allah akan segera mengabulkannya.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa hari jumat sangat istimewa.

Sebagaimana dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah berkata:

“Sesungguhnya pada hari jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan salat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Alah akan mengabulkannya.

Rasulullah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu,” (HR Muttafaq Alaih).

Dalam hadis lain juga menyebutkan tentang kapan tepatnya waktu yang mustajab untuk berdoa, menurut Ibnul Qayyim Al Jauziah dalam penjabarannya, ia menjelaskan:

“Di antara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadis yang sahih, pertama, saat duduknya khatib sampai selesainya salat.

Kedua, sesudah asar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi,” (Zadul Ma’ad) Jilid I/389-390).

Penutup

Demikianlah artikel pembahasan mengenai lima rahasia mengapa hari Jumat sangat istimewa bagi umat Islam.

Semoga kaum muslimin selalu diberikan keistikamahan oleh Allah dalam menjalankan setiap perintah dan amalan sunnah di hari Jumat dan pada hari-hari lainnya.

Terima kasih dan sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Apabila terdapat kesalahan terutama dalam mengutip hadis, silakan berkomentar di bawah, ya, dan jangan lupa untuk mengunjungi blog Ramadan.id untuk untuk mendapatkan artikel mengenai tips dan informasi seputar ramadan dan Islam.