7 Tips Food Preparation Simpel untuk Sahur Puasa Ramadan

0
51
food preparation
Food preparation bisa jadi solusi kamu untuk jadikan sahur makin simpel (foto: freepik)

Sahur menjadi hal esensial saat kita menjalani ibadah puasa Ramadan. Tapi, memasak di waktu sahur kadang terasa melelahkan. Oleh karena itu, food preparation atau persiapan makanan menjadi solusi tepat untuk menghemat waktu dan energi. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus pada ibadah dan menjaga kualitas sahurmu.

Buat yang belum tahu, food preparation, sering disebut dengan food prep atau meal prep adalah mempersiapkan bahan dan menu makanan. Gaya hidup ini belakangan juga sudah menjadi tren karena dianggap lebih simpel dan efisien dalam menyiapkan makanan sehari-hari.

Nah, tidak terkecuali juga saat puasa. Metode ini menjadi sangat bermanfaat untuk membuat sahur kita tidak ribet. Apa saja sih yang harus kita lakukan untuk food prep sahur ramadan? Ini dia tipsnya!

1. Pilih Menu Praktis dan Bergizi

Langkah pertama, pilih menu sahur yang praktis dan bergizi. Hindari menu yang membutuhkan waktu masak lama atau ribet. Prioritaskan makanan yang kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat untuk menjaga energi selama berpuasa.

Rencanakan menu yang simpel seperti tumis, sayur, goreng, atau masakan yang bisa menggunakan bumbu instan. Selain tidak ribet, hal ini juga bisa membuat kamu lebih hemat pengeluaran.

2. Belanja Stok untuk Beberapa Hari atau Seminggu

Setelah membuat daftar menu, belilah bahan-bahan makanan dalam jumlah yang cukup untuk seminggu. Pilihlah bahan makanan yang tahan lama dan mudah disimpan, seperti ayam, telur, tempe, dan sayuran. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot pergi ke pasar setiap hari.

belanja stok makanan
Belanja stok protein dan sayuran untuk beberapa hari (foto: freepik)

3. Potong Sayur Tanpa Dicuci

Tips yang satu ini penting untuk diingat. Setelah kamu belanja, cukup potong-potong sayur tanpa harus mencucinya. Hal ini dilakukan agar sayur lebih tahan lama. Pada saat sayuran terkena air, maka dia bisa membusuk lebih cepat. Setelah itu, simpan sayur yang sudah kamu potong-potong di kulkas.

4. Masak Sebagian Makanan

Untuk menghemat waktu saat sahur, masaklah sebagian makanan yang bisa disimpan dalam lemari es. Misalnya, rebuslah telur dalam jumlah banyak dan simpan dalam wadah di lemari es. Kamu tinggal menghangatkannya saat sahur tiba.

Kamu juga bisa ungkep tempe atau ayam terlebih dahulu. Misalnya kamu juga menyiapkan menu ayam goreng tepung, kamu bisa juga marinasi ayamnya dengan bumbu. Setelah dimarinasi, simpan ayam di kulkas. Jadi, saat waktu sahur tiba, kamu tinggal menggorengnya, deh.

5. Sedia Frozen Food Secukupnya

Menu praktis lainnya adalah dengan menyediakan frozen food. Kamu bisa beli jenis frozen food favorit kamu seperti sosis, nugget, atau bakso untuk menghemat waktu.

Selain itu, kamu juga mengombinasikan frozen food ini ke dalam masakan kamu. Misalnya tumis sayur dengan campuran bakso atau sosis.

Tapi ingat, jangan terlalu sering mengonsumsi frozen food karena kurang baik untuk kesehatan.

frozen food
Persiapkan frozen food secukupnya (foto: freepik)

6. Giling Bumbu

Biar saat masak makin mudah, kamu bisa menghaluskan perbumbuan seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Jadi, saat waktu masak tiba, kamu tinggal sat set!

7. Siapkan Potongan Buah

Buah adalah sumber serat dan vitamin yang cocok menjaga stamina kamu di bulan Ramadan. Kamu bisa potong-potong buah di sore hari dan menyimpannya di kulkas. Jadi, pas sahur, tinggak makan, deh.

Sangat mudah kan? Dengan menerapkan food prep ini, kamu jadi lebih hemat waktu deh. Saat bangun sahur, tinggal masak sebentar. Selamat mencoba!