Tips Hemat di Bulan Ramadan Agar Keuangan Tetap Aman

0
329
TIPS HEMAT DI BULAN RAMADAN

Tinggal menghitung hari, bulan ramadan akan hadir menemui umat Islam yang telah menanti-nanti selama kurang lebih satu tahun lamanya.

Singkatnya, bulan ramadan memang sebuah ajang di mana setiap muslim menahan hawa nafsunya dari semua hal yang membatalkan puasa.

Namun, ada beberapa hal yang tidak membatalkan puasa, tetapi membuat semua orang harus menahannya, yaitu pengeluaran selama bulan ramadan.

Pasalnya, banyak sekali agenda dan kegiatan lain yang pastinya membutuhkan biaya, termasuk berbelanja karena pada bulan ramadan biasanya juga akan ada diskon besar-besaran.

Bila melihat dari yang sudah terjadi seperti ini, penting bagi Anda untuk tahu tips hemat di bulan ramadan agar keuangan tetap stabil selama ramadan, atau bahkan hingga idulfitri.

Yuk, ketahui tips-tips hemat di bulan ramadan pada artikel kali ini.

Penyebab Boros di Bulan Ramadan

Sebelum mengetahui tips hemat di bulan ramadan, sebaiknya Anda memahami penyebab mengapa pengeluaran dapat membengkak di bulan ramadan.

Beberapa penyebab Anda boros di bulan ramadan bisa terjadi karena ingin memberikan penghargaan/self reward kepada diri sendiri yang telah menahan haus dan lapar seharian.

Sehingga, Anda mungkin tak segan-segan untuk membeli makanan/minuman yang berharga cukup tinggi, dan sebenarnya itu tidak salah kecuali Anda sudah memiliki biaya khusus untuk pengeluaran tersebut.

Masalahnya, konteks yang dibahas di sini adalah untuk menghemat biaya di bulan ramadan dengan tidak menganggap puasa ramadan sebagai alasan membengkaknya pengeluaran.

Penyebab selanjutnya adalah ada banyak iming-iming diskon yang besar membuat banyak orang tergoda untuk segera check out barang belanjaan mereka.

Pada masa pandemi, isolasi membuat aktivitas semua orang khususnya umat Islam selama ramadan cukup membosankan karena sangat dibatasi.

Maka dari itu, belanja online adalah obat terbaik yang mereka butuhkan, tetapi tanpa memikirkan konsekuensi yang mereka dapatkan yaitu perilaku boros.

Tak hanya itu, banyak agenda-agenda di bulan ramadan seperti salah satunya buka puasa bersama.

Buka bersama juga berpotensi menjadi penyebab tingginya pengeluaran selama ramadan, karena undangan/ajakan buka puasa tidak hanya datang satu kali, tetapi berkali-kali.

Beberapa penyebab yang disebutkan di atas pasti sudah menjadi kebenaran umum di kalangan masyarakat muslim di Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan 1443/2022

Tips Hemat di Bulan Ramadan

Meski sudah menjadi hal yang rutin setiap ramadan, Anda sebenarnya bisa menekan biaya pengeluaran dalam rangka berhemat di bulan ramadan.

Namun, Anda juga harus siap dengan segala hal yang terjadi setelah menerapkan cara hemat di bulan ramadan.

Berikut tips-tips hemat di bulan ramadan yang bisa Anda terapkan.

1. Menstok Makanan yang Tahan Lama

Biasannya, orang-orang akan cenderung membeli yang cukup mahal untuk sekali makan dengan alasan untuk memberikan self reward.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyiasatinya dengan menstok makanan yang tahan lama untuk lauk selama ramadan.

Lagipula, rasa makanan yang tahan lama tidak seburuk yang Anda kira, makanan seperti rendang dan dendeng justru memiliki rasa yang sedap.

Dengan demikian, Anda harus dapat menahan segala godaan untuk membeli makanan mahal agar tidak menjadi kebiasaan boros.

Namun, Anda masih bisa sesekali membelinya, hanya saja dengan intensitas yang lebih berkurang. 

2. Kurangi Buka Puasa di Luar Rumah

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa setiap tahun, ramadan memiliki banyak agenda tidak wajib yang membutuhkan biaya, misalnya adalah buka bersama.

Tak bisa dimungkiri bahwa agenda buka bersama sangatlah padat, karena ajang tersebut terkadang bisa dimanfaatkan sebagai reuni dengan kawan yang sudah lama tidak bertemu.

Nah, sebelum Anda menerima ajakan buka puasa bersama di luar rumah, Anda harus tahu proritas Anda terlebih dahulu dan tidak perlu mengiyakan semua ajakan demi menghemat pengeluaran.

3. Kurangi Nongkrong

Salah satu aktivitas yang menyebabkan perilaku boros adalah nogkrong di tempat-tempat seperti misalnya kafe atau mal.

Sekali lagi, Anda tidak dilarang untuk melakukan aktivitas tersebut, hanya saja sebaiknya dikurangi terlebih saat ramadan karena agar lebih hemat pengeluaran.

Lagipula, jika Anda mengganti aktivitas tersebut dengan dengan ibadah lain akan lebih bermanfaat, misalnya salat tarawih atau membaca Al-Qur’an, dan sebagainya.

Allah juga akan melipatgandakan pahala ibadah wajib dan sunnah pada bulan ramadan, dan ini merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi.

4. Belanja Kebutuhan di Awal Ramadan 

Membeli banyak kebutuhan menjelang ramadan dapat menjadi sebuah ancang-ancang untuk mengantisipasi naiknya harga berbagai kebutuhan saat ramadan.

Seperti diketahui, biasanya pada bulan ramadan banyak barang kebutuhan yang mengalami kenaikan dan stok yang langka karena banyak yang mencarinya.

Maka dari itu, Anda akan sangat terbantu apabila sudah mencicil sedikit demi sedikit barang persediaan.

5. Memanfaatkan Buka Bersama & Takjil Gratis

Tips hemat di bulan ramadan yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buka bersama yang umumnya diadakan di masjid-masjid sekitar rumah.

Tak hanya itu, ketika Anda sedang bepergian dan kebetulan masih di jalan saat menjelang waktu berbuka, tak jarang pasti Anda menemui beberapa orang yang membagikan takjil gratis kepada pengendara yang melintas.

Dengan demikian, biaya yang biasanya Anda keluarkan untuk membeli menu berbuka dapat dikurangi dengan memanfaatkan takjil dan makanan buka bersama gratis di masjid.

Baca Juga: 5 Keutamaan Bulan Ramadan yang Sebaiknya Anda Ketahui

Penutup

Itulah beberapa tips hemat di bulan ramadan yang bisa Anda terapkan saat bulan ramadan.

Jangan lupa untuk tetap bersedekah meski Anda sedang menekan biaya pengeluaran, ya.

Karena sedekah adalah perbuatan yang mulia.

Memang dengan bersedekah akan mengurangi biaya secara fisik, tetapi Allah akan menggantinya dengan cara yang tidak akan pernah Anda pikirkan, dan jumlahnya pun berkali-kali lipat lebih besar daripada yang Anda keluarkan.

Yuk, segera terapkan tips-tips di atas agar ramadan tahun ini dapat lebih menekan biaya pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, dapatkan informasi dan tips lain seputar ramadan dan Islam lainnya hanya di Ramadan.id.