Lakukan Tips Produktif di Bulan Ramadan Berikut ini

0
329
TIPS PRODUKTIF DI BULAN RAMADAN
Sumber: Milldesk

Setiap tahun, bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Pada bulan Ramadan, semua umat Islam yang sudah diwajibkan berpuasa akan melaksanakannya selama satu bulan penuh.

Seperti yang sudah diketahui, puasa adalah aktivitas menahan makan dan minum, serta hal-hal yang membatalkan puasa selama seharian penuh.

Karena umat Islam khususnya di Indonesia juga tetap memiliki kesibukan masing-masing, maka mereka akan tetap beraktivitas seperti biasa, ditambah dengan ibadah puasa Ramadan.

Namun, Anda tidak seharusnya menjadikan puasa sebagai sebab dan alasan untuk bermalas-malasan.

Selain beraktivitas normal, menjalankan puasa juga sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di samping sebagai kewajiban umat Islam.

Sebagian orang mungkin merasa malas beraktivitas karena takut jika nantinya menyebabkan kelelahan dan akhirnya harus membatalkan puasa.

Untuk menghindari hal tersebut, artikel Ramadan.id kali ini akan memberikan beberapa tips produktif di bulan Ramadan.

Simak penjelasannya berikut ini, ya

Tips Produktif di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah kesempatan emas untuk mendapatkan pundi-pundi kebaikan dari Allah SWT dengan menjalankan semua ibadah yang diwajibkan dan dianjurkan.

Di samping itu, orang-orang juga harus tetap menjalankan aktivitas seperti bekerja atau yang lainnya.

Tidak bisa dimungkiri bahwa beraktivitas normal di bulan Ramadan mungkin akan terasa lebih berbeda, dan mungkin juga menyebabkan rasa malas beraktivitas karena tidak ingin membatalkan puasa.

Karena umat Islam sebaiknya harus tetap produktif selama Ramadan, kami akan memberikan tips produktif di bulan Ramadan untuk Anda.

Cara-cara yang akan kami berikan bisa Anda terapkan untuk tetap mendapatkan manfaat puasa, serta juga tetap produktif daripada menggunakan waktu Anda untuk hal yang sia-sia.

Yuk, simak penjelasannya hingga akhir, ya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Sarung Terbaik Harga Terjangkau

1. Memanfaatkan Waktu Pagi Hari

Tips produktif di bulan Ramadan yang pertama adalah memanfaatkan waktu di pagi hari.

Pasti Anda sudah lazim mendengar banyak orang yang tidur setelah sahur/salat subuh karena beralasan waktu tidur yang kurang.

Padahal, tidur setelah sahur tidak dianjurkan dalam kesehatan karena dapat menyebabkan pencernaan bermasalah.

Anda bisa memanfaatkan waktu pagi setelah sahur dan subuh dengan aktivitas seperti mengerjakan tugas-tugas rumah yang ringan, misalnya menyapu lantai, dan sebagainya.

Bila perlu, usahakan untuk tidak menyentuh smartphone dan dan membuka media sosial karena hanya akan membuat Anda ketagihan, dan akhirnya bermalas-malasan.

2. Membuat Daftar Aktivitas

DAFTAR AKTIVITAS

Apabila Anda memiliki kesibukan seperti bekerja, memiliki membuat daftar aktivitas sangat membantu untuk tidak menunda-nunda pekerjaan terutama pada bulan Ramadan.

Dengan membuat daftar aktivitas atau to do list, Anda dapat meninimalisir untuk membuang-buang waktu.

Masukkan daftar aktivitas yang harus Anda kerjakan, misalnya olahraga ringan, bekerja, istirahat, membaca Al-Qur’an, dan sebagainya.

Daftar aktivitas seperti ini juga membantu Anda untuk melatih manajemen waktu, sehingga semua aktivitas yang Anda lakukan tidak menyebabkan penyesalan di akhir karena tidak bermanfaat.

3. Mendengarkan Podcast Favorit

MENDENGARKAN PODCAST

Podcast adalah rekaman audio yang membahas berbagai tema dan bisa didengarkan di mana saja dan kapan saja.

Anda bisa mendengarkan Podcast sambil menjalankan aktivitas, misalnya saat bekerja (bagi sebagian orang) akan membantu menghindarkan diri dari rasa kantuk dan jenuh.

Lagipula, Podcast sekarang juga banyak yang membahas hal-hal informatif hingga menghibur, tinggal mana yang menjadi favorit Anda.

Baca Juga: Jadwal Salat Bulan April 2022

4. Mengikuti Webinar 

Tips produktif di bulan Ramadan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mengikuti webinar atau seminar online.

Anda bisa tetap melakukan self improvement dengan mengikuti webinar-webinar yang membahas misalnya tentang pengetahuan kebahasaan seperti yang biasa diselenggarakan oleh Ivan Lanin bersama Narabahasa.

Selain itu, webinar yang membahas seputar digital marketing dan bisnis juga cukup sering diadakan dan bisa Anda ikuti tanpa membayar biaya sedikit pun.

Mengikuti kelas webinar semacam ini akan sangat bermanfaat karena sudah pasti mendatangkan ilmu kepada Anda.

5. Belajar Membuat Takjil

Setiap bulan Ramadan, pasti masyarakat Indonesia sering sekali melakukan sebuah aktivitas menjelang berbuka puasa, yaitu berburu takjil sebagai menu berbuka mereka.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat takjil dan mulai menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Selain itu, Anda juga bisa menahan diri untuk tidak berburu takjil karena menimbulkan sifat boros.

Dari satu tips produktif di bulan Ramadan ini, Anda sudah mendapatkan beberapa manfaat seperti melatih skill bisnis dan tentunya lebih hemat.

6. Hindari Begadang

Begadang adalah kegiatan yang seharusnya juga Anda hindari bahkan di luar bulan Ramadan.

Selain tidak sehat karena dapat menyebabkan insomnia, begadang dapat menjadi penyebab Anda bermalas-malasan saat berpuasa karena pasti Anda kekurangan waktu tidur di pagi atau siang hari.

Akibatnya, waktu yang seharusnya dapat Anda manfaatkan untuk hal yang positif dan produktif, justru hanya akan terbuang sia-sia karena Anda sering begadang setelah salat isya dan tarawih.

Kesimpulan

Bulan Ramadan adalah bulan yang selalu dinantikan kehadirannya oleh umat Islam.

Jangan sampai semangat bulan Ramadan hanya muncul di awal saja, serta jangan meninggalkan apa yang sudah menjadi kewajiban umat Islam, misalnya meninggalkan puasa bagi yang mampu karena menjadikan Ramadan sebagai alasan tidak produktif melakukan aktivitas seperti biasa.

Padahal, Anda bisa mencari berbagai tips produktif di bulan Ramadan seperti yang sudah dibahas pada artikel ini.

Pastikan Anda menerapkannya agar dapat memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya untuk tetap menjalankan ibadah Ramadan, dan tetap menjadi orang yang produktif tanpa harus menjadikan bulan Ramadan sebagai penyebab bermalas-malasan.

Demikianlah pembahasan mengenai tips produktif di bulan Ramadan, Anda bisa mendapatkan tips dan artikel lain seputar Ramadan dan Islam hanya di blog Ramadan.id.

Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.